Ernesto 'Che' Guevara


Gambar: Che Guevara menghisap cerutu


·         MASA KECIL
Pada tanggal 14 Juni 1928 lahir di kota Rosario, Argentina, dari pasangan Ernesto Guevara Lynch dan Celia de la Serna. Lahir dari keluarga yang berkecukupan Che Guevara belajar di sekolah kedokteran di Buenos Aires. Sejak usia dua tahun Che Guevara mengidap asma yang diderita sepanjang hidupnya. Karena itu keluarganya pindah ke daerah yang lebih kering, yaitu daerah Alta Gracia (Córdoba) namun kesehatannya tidak membaik. Pendidikan dasar ia dapatkan di rumah sebagian dari ibunya, Celia de la Serna. Pada usianya yang begitu muda, Che Guevara telah menjadi seorang pembaca yang lahap. Ia rajin membaca literatur tentang Karl Marx, Engels dan Sigmund Freud yang ada di perpustakaan ayahnya. Memasuki sekolah menegah pertama (1941) di Colegio Nacional Deán Funes (Córdoba). Di sekolah ini dia menjadi yang terbaik di bidang sastra dan olahraga. Di rumahnya, Che Guevara tergerak hatinya oleh para pengungsi perang saudara Spanyol. Dan menerima gelar kedokteran pada Maret 1953.  Setelah menerima gelar kedokteran ia melakukan perjalanan ke seluruh penjuru Amerika Selatan. Pada tanggal 24 Desember 1953, ia sampai di Guatemala untuk mencari pekerjaan tetap sebagai dokter, namun tidak berhasil sehingga ia hanya bekerja serabutan. Ia juga sempat belajar Marxisme.bahkan ia sempat ikut dalam perjuangan revolusi di Guatemala. Karena kalah maka ia melarikan diri ke Mexico untuk mencari perlindungan ke Kedutaan besar Argentina di sana. Tapi disana untungnya ia mendapat pekerjaan di Central Hospital. Disana ia juga bertemu dengan Nico Lopez, seorang veteran penyerangan Moncada. Oleh Nico Lopez, Che Guevara dipertemukan dengan Raul Castro (adik Fidel Castro). 7 Juli 1955, Fidel sampaidi Mexico City untuk mengorganisasi ekspedisi bersenjata ke Kuba. Dan sejak saat itulah Che Guevara bertemu dengan Fidel Castro, dan Che mendaftarkan diri sebagai anggota tetap ketiga.


·         REVOLUSI KUBA
Pada 25 November 1956, mereka berlayar ke Kuba dengan menggunakan kapal Granma, berangkat daripelabuhan Tuxpan ,Mexico. Dan pada 2 Desember sampai di pantai Las Colorados, Kuba.  Sejak saat itu dimulailah pergerakan revolusi Kuba untuk menggulingkan rezim Batista. Pemberontakan pertama yang dipimpin oleh Che Guevara adalah ketika ia memimpin invasi pasukan dari  Sierra Meastra  menuju provinsi Las Palmas di Kuba Tengah dibantu oleh pasukan pimpinan Camilo Cienfuegos. Dan berhasil menguasai sejumlah kota kecil di sana. Pada tanggal 1 January 1959, junta militer mengambil alih kekuasaan ; Fidel Castro menentang junta militer baru dan menyerukan untuk meneruskan perjuangan, untuk itu ia memerintahkan Che dan Cienfuegos untuk menuju Santa Clara. Dan pada akhirnya Santa Clara pun berhasil jatuh ke tangan pemberontak.

Sejak saat itulah Kuba mengalami. Manuel Urrutia ditunjuk sebagai Presiden  dan Che Guevara pun dielu-elukan masyarakat Kuba, sebagai tanda penghargaan terhadap sumbangsihnya bagi pembebasan Kuba , Che dianugerahi kewaganegaraan Kuba. Fidel Castro juga menduduki jabatan sebagai Perdana Menteri. Che Guevara pun melakukan kunjungan ke berbagai Negara, dan bahkan Che Guevara juga pernah melakukan  ke Indonesia pada akhir tahun 1959 untuk meyatkan dukungannya yerhadap gerakan rakyat Dunia ketiga. Presiden Soekarno pada1960 mengunjungi Kuba. Bahkan Che Guevara pernah menduduki jabatan penting di pemerintahan, seperti Kepala Departemen Industri dan Institut Reformasi Agraria Nasional dan Presiden Bank Nasional Kuba.

Pada tahun 1960 pertentangan antara Kuba dengan USA semakin meruncung sejak Presiden Eisenhower mempersiapkan sejumlah pasukan tentara pengasingan Kuba untuk menyerbu Kuba. Untuk itu Kuba menetapkan hubungan diplomatic dengan Uni Soviet pada 8 Mei 1960. Pada pertengahan tahun 1960 pemerintah memulai agresi ekonomi dengan menasionalisasi seluruh perusahaan dan Bank besar USA di Kuba. Dan akhirnya pada 3 January 1961 USA memutus hubungan diplomatiknya dengan Kuba.

Pada 17 April 1961 sekitar 1500 tentara bayaran yang diorganisasikan oleh Washington menyerang Teluk Babi dan berhasil dilumpuhkan pada 19 April 1961. USA terus melakukan tekanan terhadap Kuba dan Uni Soviet dengan cara terus meng-embargo Kuba.



·         REVOLUSI BOLIVIA

Akhir dari perjuangan revolusi Che Guevara di Kuba tanggal 1 April setelah ia mengirimkan surat perpisahan, dan tak lama setelah itu Che Guevara menjalankan misi internasionalis. Che berkeliling ke beberapa Negara di dunia yang masih melakukan revolusi. Dan akhirnya Che Guevara kembali ke medan pertempuran untuk membantu revolusi di Bolivia. Perjuangannya dimulai pada    7 November 1966 , namun perjuangannya kali tidaklah mudah karena medan gerilyanya berada di daerah pegunungan dan sering kali asma nya kambuh di tengah perjalanan. Memang berperang ddidaerah yang mempunyaik ketinggian di atas 1800 meter, ditengah suhu yang sangat ekstrem Che juga harus berjuang melawan penyakitnya sendiri, terkadang ia juga kehabisan obat-obatan. Dan pasukan tentara Bolivia mengetahui pergerakan gerilyawan. Sehingga para gerilyawan semakin terdesak dan terisolasi. Karena hal-hal itulah pada 7 Oktober 1967 Che berhasil ditangkap dan pada tanggal 9 Oktober 1967 Che Guevara dibunuh.

    Pada tanggal 15 Oktober secara resmi Fidel Castro mengumumkan kematian Che Guevara di depan masyarakat Kuba, dan pada tanggal 8 Oktober ditetapkan sebagai hari Kepahlawanan Gerilya. Dengan kematian Che Guevara tersebut pihak imperialis  Amerika sangat gembira. Dan jutaan manusia yang pro kemanusiaan mengalami kehilangan yang amat mendalam. Che menjadi legenda. Ia dikenang karena keganasannya, penampilannya yang romantis, gayanya yang menarik, sikapnya yang tak kenal kompromi dan penolakan atas penghormatan berlebihan atas semua reformasi murni dan pengabdiannya untuk kekejaman dan sikapnya yang flamboyan. Ia juga idola para pejuang revolusi dan bahkan kaum muda generasi tahun 1960-1970 atas tindakan revolusi yang berani yang tampak oleh jutaan orang muda sebagai satu-satunya harapan dalam perombakan lingkup borjuis kapitalisme, industri dan komunisme.
·     


    KEUNIKAN  CHE GUEVARA

-          Dia adalah anak seorang yang mampu dan ia adalah seorang dokter namun ia memilih jalan sebagai revolusioner, padahal jika ia tidak memilih jalan sebagai pejuang kebebasan Che akan hidup dengan tenang.

-          Pada setiap perjuangannya Che selalu menuliskannya pada sebuah buku diary.

-          Che Guevara pernah bertentangan dengan Uni Soviet, padahal Negara tersebut merupakan salah satu pendukung Kuba. Penentangan resminya terhadap komunis Uni Soviet tampak ketika dalam organisasi untuk Solidaritas Asia Afrika di Aljazair (Februari 1965) menuduh Uni Soviet sebagai kaki tangan imperialisme dengan berdagang tak hanya dengan negara-negara blok komunis dan memberikan bantuan pada negara berkembang sosialis atas pertimbangan pengembaliannya. Ia juga menyerang pemerintahan Soviet atas kebijakan hidup bertetangga dan juga atas Revisionisme. Guevara mengadakan konferensi Tiga Benua untuk merealisasikan program revolusioner, pemberontakan, kerjasama gerilya dari Afrika, Asia dan Amerika Selatan. Di samping itu setelah terpaksa berhubungan dengan Amerika Serikat, ia sebagai perwakilan Kuba di PBB menyerang negara-negara Amerika Utara atas keserakahan mereka dan imperialisme yang kejam di Amerika Latin.

0 Comments